Sabtu, 15 September 2012

CONTOH PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA






 





PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

MEMBACA KISAH HIDUP GENERASI SALAF SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM

BIDANG KEGIATAN:
PKM GAGASAN TERTULIS (PKM-GT)


Disusun Oleh:

Murdani Tulqadri                 (NIM. 105104043, Angkatan 2010)
Nurul Asri                              (NIM. 095204079, Angkatan 2009)



UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
MAKASSAR
2012



HALAMAN PENGESAHAN USUL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA GAGASAN TERTULIS
1.  Judul Kegiatan        : MEMBACA KISAH HIDUP GENERASI SALAF SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM
2. Bidang Kegiatan     : (   ) PKM-AI (ΓΌ) PKM-GT
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                       : Murdani Tulqadri
b. NIM                                                        : 105104043
c. Jurusan                                                    : Bahasa dan Sastra Indonesia
d. Universitas                                             : Universitas Negeri Makassar
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP              : Jl.Daeng Tata Raya, Makassar,                       085396744818
f. Alamat email                                            : murdani.tulqadri@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis          : 2 (dua) orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar                        : Sultan, S. Pd., M. Pd.
     b. NIP                                                         :
c. Alamat                                                    : Grand Aroeppala G/17, Kassi,                                                                                    Tamangapa

            Makassar, 7 Maret 2012
Menyetujui

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
(Dr. Muhammad Saleh, S.pd., M. Pd.)
NIP. 19751231 200003 1001

Ketua Pelaksana Kegiatan



(Murdani Tulqadri)
NIM 105104043


Pembantu Rektor Bid. Kemahasiswaan,  Universitas Negeri Makassar

(Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M. Pd.)
NIP. 19601231 198503 1 029
Dosen Pendamping,


(Sultan, S. Pd., M. Pd.)
NIP. 19790612 201012 1 002

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Swt atas kesempatan, kesehatan, dan kekuatan yang telah diberikan kepada kami untuk menyusun Program Kreativitas Remaja Gagasan Tertulis (PKM-GT) ini yang dapat tersesaikan tepat pada waktunya. Selawat dan salam semoga selalu tercurah bagi Rasulullah saw yang muliah yang telah membimbing kami semua untuk keluar dari dunia kebodohan menuju ke dunia yang terang benderang. Dan juga bagi keluarganya yang muliah, sahabatnya yang setiah serta orang-orang yang senantiasa menapaktilasi jalannya hingga akhir kelak.
Gagasan tertulis ini berjudul “Membaca Kisah Hidup Generasi Salaf Sebagai Solusi Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam”. Judul ini merupakan konsep dengan gagasan membaca kisah-kisah hidup generasi salaf sebaga solusi jitu untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam. Judul ini juga merupakan hasil pemikiran penulis sendiri yang selalu menerapkan metode ini dan berniat menyebarkannya sehingga bermanfaat bagi semua orang khususnya umat Islam.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam peyusunan karya tulis ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan oleh penulis agar karya tulis selanjutnya bisa lebih baik lagi.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penyusunan tulisan ini, terkhusus kepada dosen pembimbing, segenap elemen di LPM PENALARAN, dan PUSDAMM FBS UNM yang telah mengarahkan penulis dalam menyusun gagasan ini. Semoga Karya tulis ini bermanfaat bagi semua orang dan bernilai kebaikan di sisi-Nya.

Makassar, 7 Maret 2012

          Penulis,






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................. ii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iv
RINGKASAN..................................................................................................... vi
PENDAHULUAN............................................................................................... 1
A.    Latar belakang.......................................................................................... 1
B.     Tujuan penelitian....................................................................................... 3
C.     Manfaat penelitian.................................................................................... 3
BAB II TELAAH PUSTAKA............................................................................. 4
A.    Motivasi.................................................................................................... 4
B.     Belajar....................................................................................................... 5
C.     Motivasi belajar......................................................................................... 5
D.    Agama islam............................................................................................. 6
E.     Membaca................................................................................................... 7
F.      Generasi salaf............................................................................................ 8
BAB III METODE PENULISAN...................................................................... 9
A.    Jenis tulisan............................................................................................... 9  
B.     Objek tulisan............................................................................................. 9  
C.     Teknik pengumpulan data......................................................................... 9  
D.    Prosedur penulisan.................................................................................... 9
BAB IV ANALISIS DAN SINTESIS.............................................................. 10
A.    Analisis................................................................................................... 10
B.     Sintesis.................................................................................................... 11
BAB V PENUTUP............................................................................................ 13
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 14
CURRICULUM VITAE................................................................................... vii


RINGKASAN
Pendidikan agama Islam pada hakikatnya digunakan sebagai penuntun kehidupan umat Islam sehari-hari. Di dalamnya sudah terdapat aturan-aturan agar umat Islam hidup sesuai dengan perintah dan larangan Allah Yang Maha Menciptakan agama ini. Oleh karena itu, suatu kewajiban bagi umat Islam  untuk memelajari agama Islam. Setela mengilmunya, maka yang harus dilakukan ialah mengamalkan ilmu tersebut, mendakwakannya, serta bersabar di atas jalan-Nya.
Keadaan yang paling ideal seperti pernyataan di atas, berbanding terbalik dengan realitas yang ada sekarang. Kurangnya semangat dan motivasi untuk memelajarinya merupakan sekian penyebab mengapa ilmu agama tersingkirkan. Dampaknya, dominan orang-orang tidak lagi menggunakan ilmu agama sebagai alat ukur untuk menyelesaikan masalah di dunia ini. Sehubungan dengan itu, Al-Hilali (2009: 8) menyatakan bahwa yang terjadi ialah umat Islam di zaman sekarang sedang mengalami kelemahan daan perpecahan yang menjadikannya berada di belakang rombongan perjalanan umat-umat kafir.
Metode yang paling jitu untuk dapat meningkatkan motivasi belajar agama Islam ialah dengan belajar kepada generasi ulama salaf. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang yang paling dekat hidupnya dengan Rasulullah saw, orang yang paling mulia yang pernah dilahirkan di bumi ini. Sejarah hidup generasi salaf sungguh menakjubkan. Hal ini sejalan dengan pendapat Al-Muhaimid (2006: 44) yang menyatakan bahwa di dalam kisah-kisah mereka terdapat banyak pelajaran yang berharga, petuah yang baik, dan tauladan yang patut untuk ditiru oleh umat Islam. Kisah-kisah mereka akan senantiasa menghidupkan hati dan membangkitkan semangat untuk memelajari agama ini.
“Membaca Kisah Hidup Generasi Salaf Sebagai Solusi Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam” merupakan judul yang penulis angkat untuk membuat satu metode baru dan jitu sebagai solusi dari masalah di atas. Karya tulis ini bersifat studi pustaka (library researc) dengan data-data yang diperoleh melalui buku, kamus offline, laporan arsip organisasi, dan artikel internet yang relevan dengan karya tulis ini. karya tulis ini disajikan secara deskriptif dengan memaparkan data-data yang telah didapatkan.
Metode membaca sejarah hidup generasi salaf dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar agama Islam. Metode ini pula dapat diterapkan kepada pejuang dakwah yang lelah dalam menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran agar semanat mereka kembali penuh. Metode ini umumnya dapat diterapkan kepada umat Islam secara keseluruhan. Metode ini pula dapat dibawakan pada saat khutbah Jumat, ceramah, kultum, atau pun dijadikan nasehat kepada orang yang membutuhkan.
Diharapkan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi setiap umat muslim dan bersemangat memelajari agama ini. Dan diharapkan pula dapat menjadi tambahan referensi tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan agama Islam. Bagi pembelajar agama Islam agar dapat mengetahui dan mengimplementasikan metode ini untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam. Dan kepada pemerintah sebaiknya mesosialisasikan maksud dari karya tulis ini pada masyarakat.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
A.    Ketua Pelaksana
Nama                           : Murdani Tulqadri
Tempat, tanggal lahir  : Parepare, 24 Desember 1992
Riwayat Pendidikan   : SD Negeri 45 Parepare
                                      SMP Negeri 2 Parepare
                                      SMA Negeri 1 Parepare
                                      S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas                  : Universitas Negeri Makassar
No. Telp./HP               : 085396744818
E-mail                          : murdani.tulqadri@gmail.com
Prestasi                        : -
Pengalaman                 : -Persepsi Fungsionaris BEM Terhadap Aksi                                                   Advokasi yang dilakukan oleh Lembaga                                                               Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar
                                      -Pengaruh Sosiolinguistik dalam Pembelajaran                                               Bahasa
Pengalaman orgabisasi : -Anggota Bestra DEMA FBS UNM
                                        -Anggota HIPMI PARE
                                        -Anggota LPM Penalaran UNM
                                        -Wakil Koordinator Pusdamm FBS UNM
















B.     Anggota Pelaksana I
Nama                           : Suradi
Tempat, tanggal lahir  : Bone, 13 Januari 1992
Riwayat Pendidikan   : SD Impres 12/79 Macope
                                      SMP Negeri 1 Awangpone
                                      MAN 1 Watampone
                                      S1 Kimia Sains
Universitas                  : Universitas Negeri Makassar
No. Telp./HP               : 085299658756
E-mail                          : suradi_sense@yahoo.co.id
Prestasi                        : -
Pengalaman Karya Tulis : -Persepsi Fungsionaris BEM Terhadap Aksi                                                Advokasi yang dilakukan oleh Lembaga                                                               Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar
                                      -Pengaruh Sosiolinguistik dalam Pembelajaran                                               Bahasa
Pengalaman orgabisasi : -FUAS Bone
                                        -SCMM FMIPA UNM


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar