Minggu, 14 Oktober 2012

Format Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor

-->
Format Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor

No
Nama Siswa
Kognitif
Afektif
Psikomotor
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
1.












2.












3.












4.












5.












6.












7.












8.












9.












10.












11.












12.












13.












14.












15.












16.












17.












18.












19.












20.












21.












22.












23.












24.












25.












26.












27.












28.












29.












30.












31.












32.












33.












34.












35.












36.












37.












38.












39.












40.















Keterangan :
Aspek kognitif yang dinilai:
1.      Penilaian lembar rangkuman sebelum pembelajaran dimulai.
2.      Penilaian lembar kuis setelah pembelajaran berakhir.

Aspek afektif yang dinilai:
1.      Keberanian.
2.      Antusias.
3.      Tenggang rasa.
4.      Keseriusan.
5.      Keaktifan.

Aspek psikomotor yang dinilai:
1.      Keterampilan mengamati dan menganalisis percobaan yang dilakukan.
2.      Keterampilan berkomunikasi dan berdiskusi dalam diskusi kelompok ketika melakukan praktikum



PENILAIAN ASPEK KOGNITIF
Tujuan             : Mengukur ketercapaian indikator dalam sub materi pokok bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui test formatif yang dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama               :
Kelas               :
Materi              : Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

No
Aspek yang dinilai
Skor
(0 - 100)
Keterangan
1.
Penilaian lembar tabel pengamatan mengenai kemasan produk pembersih, pewangi, pemutih dan pembasmi serangga.



2.
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan.



3.
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan



4.
Penilaian lembar evaluasi setelah pembelajaran berakhir.



TOTAL SKOR KOGNITIF




Penilaian lembar tabel pengamatan mengenai kemasan produk pembersih, pewangi, pemutih dan pembasmi serangga, sebelum pembelajaran dimulai.
·         Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·         Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
·         Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50

Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan.
·         Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·         Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
·         Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50

Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan
·         Sangat baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·         Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
·         Tidak baik (Tidak merangkum ) = <50

Penilaian lembar evaluasi setelah pembelajaran berakhir.
·         Sangat baik (nilai dengan nilai benar semua)= 100
·         Baik (nilai dengan benar setengah dari jumlah soal) = 100>x>0
·         Tidak baik (salah semua ) = <0

Penilaian Akhir Adalah :



PENILAIAN ASPEK AFEKTIF
Tujuan             :Mengukur sikap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama               :
Kelas               :
Materi              : Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap dan Nilai
Nama Siswa



Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.      Memperhatikan penjelasan guru.






2.      Memperhatikan media pembelajaran.






3.      Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.






4.      Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam praktikum.






5.      Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh.






6.      Serius dalam mengikuti pembelajaran.






7.      Kerjasama dalam praktikum.






8.      Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.






9.      Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran






10.  Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah   dilakukan dengan konteks lain.






11.  Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna






12.  Mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada






Keterangan :  Sangat baik (2), Baik (1),  Tidak Baik (0)

Rentang penilaian :   
Memperhatikan penjelasan guru
·      Sangat baik (Memperhatikan guru dengan serius, tidak bercanda dengan teman, dan antusias dalam pembelajaran) = 2
·      Baik (Memperhatikan penjelasan guru, sesekali bercanda dengan teman) = 1
·      Tidak baik (Tidak memperhatikan penjelasan guru, sering bercanda dengan teman) = 0

Memperhatikan media pembelajaran
·      Sangat baik (Memperhatikan dengan serius, tidak bercanda dengan teman, dan antusias melihat media pembelajaran) = 2
·      Baik (Memperhatikan media pembelajaran, sesekali bercanda dengan teman) = 1
·      Tidak baik (Tidak memperhatikan media pembelajaran, sering bercanda dengan teman) = 0



Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
·      Sangat baik (Menjawab Pertanyaan yang diajukan guru dengan jawaban yang sesuai dengan yang ditanyakan) = 2
·      Baik (Menjawab pertanyaan yang diajukan guru kurang tepat dari yang ditanyakan) = 1
·      Tidak baik (Tidak menjawab pertanyaan yang diajukan guru) = 0
Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam praktikum
·      Sangat baik (Memperhatikan dengan antusias) = 2
·      Baik (Hanya melihat saja, tidak tertarik dengan fenomena) = 1
·      Tidak baik (Acuh terhadap fenomena yang terjadi) = 0

Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh
·      Sangat baik (Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh) = 2
·      Baik (Mengikuti praktikum sesekali sesekali bercanda dengan teman ) = 1
·      Tidak baik (Tidak mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh) = 0
Serius dalam mengikuti pembelajaran
·      Sangat baik (Antusias dalam mengikuti pembelajaran, tidak bercanda selama pembelajaran) = 2
·      Baik (Antusias dalam mengikuti pembelajaran, sesekali bercanda dengan teman) = 1
·      Tidak baik (Tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, sering bercanda dengan teman) = 0
Kerjasama dalam praktikum
·      Sangat baik (Melakukan kerjasama bersama teman kelompok praktikum) = 2
·      Baik (Melakukan kerjasama bersama teman kelompok sesekali saja) = 1
·      Tidak baik (Tidak melakukan kerjasama dengan teman kelompok praktikum) = 0
Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan kondusif.
·      Sangat baik Sering mendiskusikan prosedur, pengamatan dan hasil praktikum) = 2
·      Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil praktikum saja) = 1
·      Tidak baik (Tidak pernah berdiskusi) = 0
Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran .
·      Sangat baik (Dapat menyimpulkan hasil pembelajaran kesekuruhan ) = 2
·      Baik (Dapat menyimpulkan hasil pembelajaran  sebagian saja ) = 1
·      Tidak baik (Tidak dapat menyimpulkan hasil pembelajaran) = 0
Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah dilakukan dengan konteks lain        
·      Sangat baik (Dapat menjelaskan kembali pembelajarn yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru ) = 2
·      Baik (Dapat menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru tetapi kurang terstruktur) = 1
·      Tidak baik ( tidak dapat menjelaskan kembali pembelajarn yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru) = 0
Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar gagasan tersebut menjadi lebih sempurna
·      Sangat baik (Sering mendiskusikan prosedur, pengamatan dan hasil praktikum) = 2
·      Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil praktikum saja) = 1
·      Tidak baik (Tidak pernah berdiskusi) = 0

Saya akan mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada
·      Sangat baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang baik dan sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan) = 2
·      Baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang kurang sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan) = 1
·      Tidak baik (Tidak dapat mengungkapkan gagasan sedikitpun) = 0

Penilaian akhir adalah :


















PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR
Tujuan             : Mengukur keterampilan proses sains siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama               :
Kelas               :
Materi              : Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Praktikum 1
No
Aspek yang dinilai
Skor
Skor Maksimum
Keterangan
1
2
3
1.
Keterampilan mengamati efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan berlangsung.





2
Menganalisis hasil percobaaan efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan berlangsung.





3.
Keterampilan berkomunikasi ketika diskusi kelompok





4.
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah percobaan efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan selesai dilakukan






Praktikum 2
No
Aspek yang dinilai
Skor
Skor Maksimum
Keterangan
1
2
3
1.
Keterampilan mengamati pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan berlangsung.





2
Menganalisis hasil percobaaan pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan berlangsung.





3.
Keterampilan berkomunikasi ketika diskusi kelompok





4.
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah percobaan pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan selesai dilakukan






Dengan kategori
1 : Baik sekali
2 : Baik
3 : Cukup

Penilaian Terakhir :

1 komentar: